5.30.2013

Orang-Orang di Google

Ide pengklasifikasian ini tercetus ketika saya semakin sering mengetik nama orang lain di Google. Sebut saya kepo stalker atau semacamnya. Saya baru saja menganggap kepo atau stalker sebagai identitas ketika saya menemukan teman-teman yang secara terbuka mengaku bahwa keingintahuannya terhadap orang lain di dunia maya sama besarnya seperti apa yang saya miliki.

Saya sama sekali nggak bermaksud untuk mengkotak-kotakkan orang, namun pada kenyataanya saya bisa menemukan suatu klasifikasi tersendiri dari orang-orang yang beruntung pernah saya cari namanya di Google.

1. Orang yang biasa saja

Kalau kita mengetik nama orang macam ini, yang keluar pertama kali adalah profil facebook atau akun Twitternya. di halaman-halaman berikutnya hanya akan muncul link-link jejaring sosialnya yang bermacam-macam. Tidak ada yang menarik kecuali data diri yang terkadang mudah didapatkan jika orang itu cukup terbuka di dunia maya. Jejearing sosial yang dimilikinya pun biasanya sebatas yang wajar-wajar saja seperti Facebook, Twitter, dan blog.

2. Eksis dunia maya

Orang macam ini biasanya membuat penasaran ketika di dunia nyata, tapi biasanya malah kita tidak mendapatkan ciri-ciri orang yang kita harapkan. Orang-orang macam ini biasanya bisa bicara banyak di Twitter, blog, atau pun jejaring sosial lainnya. Jangan lupa, mereka punya segudang akun yang bahkan kita tidak tahu itu akun apa. Mereka biasanya adalah pendiam di dunia nyata yang menjadi sangat friendly di dunia maya. Ada beberapa orang di sekitar saya yang semacam ini, yang membuat saya kaget ketika bertemu aslinya karena ternyata orangnya pendiam dan pemalu.

3. Eksis Dunia Nyata dan Maya

Biasanya mengetik nama mereka karena penasaran seperti apa orang yang diperbincangkan oleh orang-orang sekitar. Untuk orang jenis ini jangan lupa mengecek formspring-nya. Biasanya mereka mendapatkan beragam pertanyaan dari yang penting sampai nggak penting. Kadang membuat kita berdecak heran karena pertanyaannya benar-benar kurang ajar. Oh iya, kita tidak perlu mengetik lengkap nama mereka karena biasanya google sudah meneruskannya sendiri. Kategori ini tidak mencakup artis-artis loh.

4. Anak Berprestasi

Tergantung orangnya masuk kategori apa dari tiga kategori di atas. Kalau sudah, tinggal tambahkan, namanya sering tertera di website-website lomba. Foto yang ditemukan adalah foto yang sedang pegang hadiah. Kadang-kadang kalau prestasinya nasional atau internasional, namanya bisa ditemukan di portal-portal berita online.

5. Eksis di Hati, Pikiran, dan Sanubari Orang-Orang Sekitar

Ini adalah kategori yang paling terakhir saya temukan. Orang-orang macam ini terkadang membuat saya terharu. Mereka yang ada di kategori ini adalah orang-orang yang sangat luar biasa dan mengesankan hingga meninggalkan kenangan tersendiri bagi teman-temannya. Nama mereka tak akan banyak ditemukan di formspring ataupun portal berita. Nama mereka akan banyak ditemukan di blog teman-temannya. Ia akan dituliskan bersama cerita-cerita pribadi yang mengesankan bagi setiap temannya. Orang macam ini, adalah orang-orang yang sangat perlu dikagumi setelah ritual kepo berakhir. Jangan pernah berhenti mengepo mereka karena siapa tahu kita suatu hari bisa juga memiliki kesan bersama mereka.

3 comments:

  1. aku nomor 1 dan 2 nih.. sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nek nomer 2, kamu pendiam dan pemalu po mbak? hahahaha

      Delete

Search This Blog