6.23.2012

Makanan Enak part.2 (Mid-East)

Sesuai posting beberapa bulan yang lalu yang nyeritain tentang liburan saya setahun yang lalu (aduh,udah lama banget ternyata -_- ) Saya mau tunjukin beberapa makanan yang berasa khas timur tengahnya yang akhirnya bisa saya temukan di Mekkah.

1. Chicken Broast   
    Penampakan awalnya cuma kaya ayam goreng tepung macam McD atau KFC gitu,bahkan awalnya waktu lewat di depan tokonya saya pikir juga cuma Fried Chicken biasa tapi merknya Arab sampai akhirnya saya dikasih tahu sama pemandu rombongannya kalo itu beda nggak kaya ayam goreng biasa. Ternyata bener juga,rasanya rempah banget di balik kulit tepungnya itu, dalam satu kemasan alumunium foil itu isinya kira-kira ada tiga potong ayam, kentang goreng, saus tomat,dan saus bawang. Yang bikin beda adalah makannya pake roti bulat pipih namanya khubuz, kalau saya beli di gerai broast sebelah hotel saya dapat khubuz sekitar tiga sampai lima lembar tapi kalau beli yang di seberang jalan nggak dapet khubuz tapi dapet dua roti burger. Ini salah satu alternatif kalo sudah sangat bosyaaaan dengan makanan hotel yang sama kaya di Indonesia tapi kadang-kadang rasanya absurd itu.

2. Mammoul
Jadi,mammoul itu semacam kue kering yang bahan dasarnya kurma dan bentuknya macem-macem. Mammoul salah satu alternatif oleh-oleh dari Arab gitu sepertinya. Saya menemukan mammoul pertama kali di mall di bawah Hotel Hilton Mekkah,dijual per gram, paling sedikit bisa beli 250gr kalau saya ga salah. Selain di toko kue itu ternyata Mammoul banyak dijual di Supermarketnya Arab namanya Bin Dawood, kalo di Mekkah ada di bawah Hotel Hilton juga. Mammoul yang dijual di Bin Dawood bentuknya udah ada di dalam kemasan bermerk gitu,tapi kalo saya kok nampaknya lebih suka yang bisa pilih sendiri ya, soalnya bisa icip-icip juga :))

3. Samosa
http://riteshjsr.wordpress.com/2011/10/16/jamshedpur-and-the-humble-samosa/
http://riteshjsr.wordpress.com
Kalo ini sih mungkin di Indonesia udah sering ditemuin tapi beda versi.Samosa ini sejenis martabak tapi kecil-kecil dan segitiga. Isiannya sayur-sayuran gitu juga,tapi jujur saja rasanya ada sesuatu yang bikin makanan ini terasa asing, entah isinya daun apa atau diberi bumbu apa. dan ternyata foto samosa hilang entah kemana ._.





 4.Gahwa
Ini nih yang paling saya inget. Saya minum minuman ini waktu lagi di Masjidil Haram nunggu waktu Isya setelah sholat Maghrib. Jadi,kalo di sana setiap hari Hari Kamis atau Senin banyak yang yang bagi-bagi makanan,mungkin karena banyak yang puasa. Kebanyakan sih bagi-bagi kurma, coklat kecil-kecil gitu,atau kacang.
Nah, kalo yang satu ini gara-garanya saya duduk di depan serombongan ibu-ibu yang ternyata sekeluarga dari Kuwait, mereka bawa perbekalan lengkap macem piknik gitu dan bagi-bagi ke orang di sekitarnya. Awalnya sih eyang iseng-iseng ambil foto anak-anaknya yang lucu-lucu gt,eh trus ibu-ibunya malah pada ikut pose dan nawarin kita gahwa itu. Mereka ngajak ngobrol juga,tapi kita ga paham-paham karena mereka tetep pake bahasa mereka sendiri dan susah banget diajak ngomong pake bahasa Inggris. Sejauh yang saya tangkep mereka dari Kuwait,mereka terdiri dari ibu,anak-anaknya,dan cucu-cucunya.Satu lagi,mereka punya pembantu namanya Siti dari Indonesia di rumah mereka di Kuwait.
Gahwa ini sepertinya minuman dari kacang-kacangan gitu. Ada rasa-rasa Hazelnut di dalem minuman ini, rasanya agak aneh tapi seger banget,serius,bikin capek ilang,semacem jamu gitu sepertinya. Kalo yang ini saya gatau belinya di mana, deketin aja orang satu-satu kalo pas lagi sholat di bagian luar Masjidil Haram, siapa tau ada yang lagi bagi-bagi gahwa :))

Wah ternyata cuma ini aja yang bisa saya temukan di sana.. semoga bisa kembali kesana lagi buat coba makanan yang lain :D dan tentu saja ibadah lagi.amin.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog