4.25.2012

Mid-East Food and Those Handsome Boys

setelah saya nge-post 6 bulan yang lalu, akhirnya saya mau nge-post lagi tentang liburan saya yang menurut saya cukup memberikan asupan-asupan bagi otak saya buat berpikir dan sadar sosial. Sayang sekali, selama disana mungkin kalo saya bawa laptop, pasti saya sudah memuntahkan banyak tulisan yang berjejalan di otak, namun sayang sekali...... saya begitu malas mengetik setelah di rumah. benar, saya malas mengetik, bukan malas menulis.

Pertama kali yang saya lakukan di Madinah adalah tidur-tiduran di ruang makan hotel. serius. Karena itu siang-siang,kunci hotel masih diproses dan yang mau menembus panasnya matahari langsung jalan ke Masjid Nabawi, nah kalo saya sih bobo-bobo kucel dulu, belum kuat kepanasan.

Ekspektasi saya setelah sampai di sana adalah, saya tiap hari akan makan makanan yang serba timur tengah banget. Makanan yang kari-kari gitu, kebab-kebab gitu, dan mungkin makan daging onta. Sayang sekali, ekspektasi saya dimentahkan oleh masakan-masakan Indonesia yang tiga kali sehari disediakan hotel. Rendang, Sayur Asem, Sop, Gulai, dll, itu ternyata yang tetap saya makan walaupun saya berada ribuan kilometer dari rumah. Maklum juga sih, kalo yang lidahnya gak fleksibel bisa aja langsung malnutrisi setelah tinggal sepuluh hari di negara ini. Nah kalo saya, lidahnya udah disiapin buat berpetualang,eh taunya.

Kenapa nggak beli makanan di luar aja? Nggak ada. Saya nggak bohong, nggak ada yang jual makan yang begitu Timur Tengah di Madinah (atau saya gak menemukan?).Yang ada malah KFC dan coffee shop yang jual pastry gitu. Cuma ada satu penjual kebab yang saya temukan, itupun bukan kebab-kebab yang dagingnya diiris-iris itu, yang ini isi kebabnya semacem udah dimasak, jadi tinggal milih, mau isi kambing, ayam, atau ikan. Dan ini belum membawa lidah saya jalan-jalan.

Madinah kotanya cukup rapi dan bersih, soalnya ekspektasi saya Arab adalah negara gurun pasir, jadi Madinah kotanya juga masih gurun pasir dengan rumah kotak-kotak gitu (itu sih pikiran saya yang sempit). Nah yang dibawah ini tampak kota Madinah dari kamar saya, kalo gak salah itu Hotel Hilton yang difoto.


Kerjaan saya tiap hari disana ya bolak-balik Masjid Nabawi tiga sampe empat kali sehari, sholat Subuh,kadang-kadang Dhuhur kalo kuat jalan,Ashar, Maghrib lalu sekalian nunggu Isya' disana. Sambil nunggu biasanya Dzikir,baca Al-quran, kalo nggak ya....tidur dengan posisi sujud sampe kaki kesemutan -_- gara-gara jetlag ga abis-abis (atau memang pemalas).

Salah satu tempat yang dikunjungi di Madinah adalah Raudah, jadi ini adalah tempat yang katanya mustajab untuk berdoa dan di tempat ini pula ada Makam Nabi Muhammad SAW. Raudah ini ada di dalam Masjid Nabawi, kalo mau mengunjunginya jadwal buat perempuan sama laki-laki dibedain, kalo yang laki-laki kemarin sih pada berangkat jam 01.00 tapi sebenernya kalo pas lagi sholat biasa juga bisa sih ambil shaf yg deket Raudah, tapi cuma yang laki-laki aja, nah kalo kemarin saya (saya perempuan lho) kesananya jam 22.00 gitu deh.. dan waktu di sana saya bener-bener berwawasan 'nol' tentang hal-hal yang dilakukan saat Umrah, termasuk saya juga ga paham-paham banget tentang Raudah, ya taunya di situ ada makam Nabi Muhammad SAW aja. Pas baru masuk pintu Masjid Nabawi yang sebelah..sebelah situ..ada namanya kok, pintu yang mengarah ke Raudah hehehe saya sih ngikut-ngikut apa aja yang disuruh pemandunya, penjelasan tentang sholat taubat di Raudah adalah dua rakaat dan doa-doa yang mau disampaikan lebih baik waktu sujud rakaat kedua aja, biar cepet karena nanti disana desak-desakan, kalo udah duduk kemungkinan besar bisa tersingkir dari tempat itu.

Baru masuk Masjid Nabawi dan sudah jalan agak jauh, yang lainnya sholat dua rakaat, lah saya clingak-clinguk sambil bingung nanya 'udah di raudah nih?'kemudian daripada saya bingung, sholatlah saya seperti petunjuk ibu pemandu. Selesai sholat, saya baru nyadar setelah ngobrol sama sepupu dan eyang-eyang saya, "lah, pantesan tadi kamu sujudnya lama banget, hahaha", jadi ternyata tadi pada sholat dua rakaat itu adalah sholat tahiyatul masjid -___- Raudah masih jauh bok perjuangannya, pantesan aneh banget, katanya ada karpet ijo tapi ga ada karpet ijo, katanya rame banget nyatanya bisa sholat dengan merdeka, hahaha taunya.

Dan akhirnya saya melihat antrian panjang manusia yang mau menuju Raudah. Astaghfirullah, panjang sekali saudara-saudara. Ada dua antrian, yang satu antrian untuk pengguna kursi roda dan yang satunya untuk orang-orang biasa. Pemandu saya ngajak masuk lewat antrian keluar jadi semacem ngelawan arus dan cukup cepat bisa mencapai Raudahnya. Memang benar mau ke Raudah itu perjuangannya bener-bener luarrr biasa, dan Shalat disana itu bener-bener sulit, karena untuk tetap berdiri tegak aja sulit apalagi sholat disana, kaya mau diinjek injek rasanya. Banyak orang-orang yang nangis disana, saya lihat ibu-ibu yang bener-bener meluk tiang dan nampak sekali sedang curhat di sana :') Alhamdulillah saya berhasil masuk sana :) sayangnya membawa kamera dan alat pengambil gambar lainnya dilarang di Nabawi.

Oh iya, saya sempat ketemu temen sekolah juga di Madinah, sudah jauh-jauh ketemunya temen sekolah juga -___-

Nah, ngomong-ngomong tentang makanan Timur Tengah, akhirnya saya menemukannya di Mekkah. Mungkin nggak bisa disebut makanan Timur Tengah kali ya, lebih cocok disebut makanan yang susah dicari selain di Arab hehehe. sek bentar ulasan makanan-makanan ini ada di post tersendiri, waittttt!!

Oh iya, sebelum berangkat Umrah, the most common advices dari orang-orang adalah "jangan suka mbathin yang aneh-aneh", well saya bener-bener mengingat-ingat nasihat-nasihat itu, tapi saya ini tipenya adalah seorang nyinyir sejati, bahkan dari dalam batin saya, saya adalah seorang yang begitu nyinyir. Tuhan memang Maha Adil, ia ciptakan manusia-manusia Timur Tengah itu dengan wajah tampan dan bentuk badan yang begitu WOW! especially, lelaki-lelaki Turki, Subhanallah... so, instead of thinking about those bad things, i started to look for those sexy Turkish and say Subhanallah :3

No comments:

Post a Comment

Search This Blog